Rabu, 04 Januari 2017

RABUku: Bergabung dengan 4 Sahabat Super Menyelamatkan Hutan Indonesia


Valerina Daniel is back! Yeay ... Ini momen agak personal sih bagi saya ketika pada bulan November 2016 lalu Valerina Daniel (Runner-up Putri Indonesia dan Duta Lingkungan untuk Kementrian Lingkungan Hidup) mengumumkan bahwa akan me-launching serial buku anak terbarunya di gelaran Indonesia International Book Fair. Kali ini bukunya hasil duet cantik bersama putri sulungnya, Keisha. Saya masih ingat tujuh tahun yang lalu, sayalah editor in chief dalam penerbitan buku Easy Green Living dan saat itu Valerina juga mengeluarkan serial buku anak. Dan setelah beberapa tahun tidak terdengar kabarnya karena sibuk belajar ke luar negeri lalu sempat menetap di Amerika menemani suami bertugas, tahun kemarin Valerina Daniel is officially back.

Dalam terbitan kali ini, Valerina dan Keisha memboyong 4 binatang andalan Indonesia. Ya, 4 sahabat super adalah sekelompok hewan yang menggunakan kekuatan supernya untuk memberikan pertolongan di tempat mereka tinggal. Mereka adalah; Orang si Orang Utan yang sangat lincah, Cendra si Cendrawasih yang bisa melihat dari jarak yang sangat jauh, Mau-Mau si harimau yang mampu melompat jauh dan berlari sangat cepat, dan Kombo yang sangat kuat.

Serial 4 Sahabat Super ini dapat dibaca untuk anak-anak usia 2 tahun ke atas, tentu saja orangtuanya yang membacakan yaaa ... Bagi yang sudah bisa membaca mandiri, pendampingan orangtua juga tetap perlu untuk mencari informasi tambahan terkait tokoh-tokoh di buku tersebut. Bukan tanpa maksud loh Valerina menempatkan karakter binatang-binatang tertentu di buku itu. Namanya juga Duta Lingkungan, ga mungkin ga ada pesan-pesan terselubung. Seperti misalnya, Tarsius. Ada yang tahu itu apa?

Saya sendiri baru tahu tentang Tarsius. Monyet imut bermata besar asli Sulawesi ini memang baru ditemukan pada 2005 lalu. Namun, sayangnya sejak ditemukan populasinya merosot hingga 80% dan mulai masuk kategori terancam punah. Hadooh, kenapa ga kecoa aja sih yang punah? (curhat ibu-ibu di dapur).

Membacakan buku ini tidak hanya tentang mengenalkan hewan-hewan asli Indonesia tapi jika ditelisik lebih dalam, semua binatangnya masuk kategori terancam. Ga mau kan, hewan asli Indonesia berakhir hanya di gambar?

Ngomong-ngomong soal gambar, ilustrasinya dibuat manual loh, bukan digital.

Sementara ini, serial 4 Sahabat Super baru muncul dengan tiga judul: Menangkap Pemburu Gajah, Menolong Tarsius, dan Menyelamatkan Macan Tutul. Dengan harga Rp65000, serial ini cocok untuk koleksi bahkan hadiah karena kemasan hardcovernya.

Can't wait for another titles ...

1 komentar:

  1. Wah menarik nih serial cerita anaknya
    Pas buat materi dongeng

    BalasHapus