Rabu, 18 November 2015

RABUku: Teman Perjalanan (Kurnia Efendi)

Kurnia Effendi atau biasa dipanggil (Mas) Kef akhirnya menerbitkan lagi karyanya. Suatu hari saya tertarik menanggapi timeline salah satu sahabat (Mas) Kef. Rupanya dalam rangka memulai masa pensiun usai mengabdi lebih dari 20 tahun di perusahaan otomotif, Suzuki, Mas Kef menghadiahi dirinya dengan menerbitkan Teman Perjalanan, lagi-lagi kumpulan cerita pendeknya dari masa ke masa.



Saya mengenal sosok Mas Kef saat masih bekerja sebagai editor di salah satu penerbitan. Kebetulan karya beliau diterbitkan di sini. Saya memang tidak berhubungan langsung dengan dirinya. Hanya sesekali melihatnya wara wiri saat proses produksi dan ketika peluncuran bukunya. Selebihnya saya justru lebih banyak 'melihat'nya dari tag-tag salah seorang sahabatnya yang kebetulan salah satu kontak saya di FB, Endah Sulwesi. Another famous people in books community hehehe ...



Jadi sejujurnya, saya bahkan belum pernah membaca karya-karyanya. Sekalipun. Dan ketika timeline berisi pengumuman open PO buku ini, saya merasa, sudah saatnya.



Buku ini diterbitkan atas dana sponsor didukung oleh penerbit Exchange, milik salah satu kawan saya juga hehehe ... Makanya saya semangat mau beli, selain karena sudah lamaaaa banget ga beli buku untuk diri sendiri, tetapi juga buku ini istimewa karena dicetak terbatas. Lagian, sudah saatnya saya mengenal seorang Kurnia Efendi lebih banyak lagi.


Oke, kembali ke buku Teman Perjalanan karena ini kumpulan cerita pendek kayanya ga seru diceritain ringkasannya, spoiler banget nanti hihihiy .. Hanya mau menandai beberapa hal yang menarik bagi saya.


Kef dan Suzuki
Mengabdi selama dua puluh memang bukan main-main dan hal itu sedikit banyak menjadi garis merah dalam unsur properti penulisan. Kalau kata dosen saya, Pak Ismail Marahimin, latar waktu. Dan itu terlihat dari tipe mobil Suzuki yang disebut. Mas Kef orang yang cukup kekinian, jadi ketika dia menyebut sebuah tipe mobil Suzuki, itu artinya tipe yang paling laris di masanya. Ya, cerpennya tersebar mulai dari karya-karyanya yang terbit pada tahun 80-an. Jadi, bukan karena dirinya tengah bicara tentang masa lalu atau tentang orang yang old fashioned.


Kef dan Perjalanan
Hampir di setiap ceritanya menceritakan adegan perjalanan keluar kota atau keluar negeri. Jadi sepertinya judul Teman Perjalanan ada benarnya juga. Setelah dibaca seluruhnya dan jika Anda memang tengah membacanya di perjalanan, you might actually changr your point of view about the other passenger and start to create your own character for your own book. Seperti tengah menonton film yang menampilkan sekian kisah dari berbagai karakter dan ternyata kesemuanya pernah berada dalam satu pesawat atau satu kereta. Semacam itulah.


Kef dan Seni
Salah satu latar yang menarik adalah salah satu hobi yang disebutkan Kef sendiri pada bab pengantarnya. Dunia tulisan, seni pentas, seni lukis, ... seorang kurator, seorang penulis, seorang reporter ... He definitely wrote what he really know into it.


Kef dan Pinky Love in the Dark
OK, sekarang tentang isinya. Aroma perselingkuhan, cinta bertepuk sebelah tangan, atau cinta yang singkat bertebaran di sini. Seperti tengah membaca cerpen salah satu majalah wanita. Saya harus matikan dulu mode Drama Korea. Lupakan dulu sejenak hehehe ... Karena hampir semua tidak happy ending, maka saya sebut Pinky Love in the Dark. Seperti menikmati merah muda dalam kegelapan.

Sebenarnya saya jadi penasaran bagaimana Mas Kef membuat novel secara utuh. Dengan latar yang kompleks, adegan yang kompleks, karakter yang penuh, dan sebagainya. Entah kenapa bagi saya membaca cerpen secara umum terasa seperti one night stand hehehe ... Dan jika melihat kumpulan cerpen yang dari masa ke masa ini, mas Kef menunjukkan kepiawaian menulisnya belum lagi menurun. Masih ada banyak ruang untuk karya-karya Kurnia Efendi selanjutnya.

Saya kan menanti.


2 komentar:

  1. Aku belum baca buku yang ini deh. Kayanya perlu beli. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga dijual bebas loh mba anisa .. kudu ke penulisnya langsung .. haduh tp nomor teleponnya tersobek .. ^^'

      Hapus