Kamis, 09 Juli 2015

KAMYStory: Kembali ke Clodi

Setelah ada artikel blog yang muncul terkait runtuhnya idealisme ketika beneran punya anak, saya jadi mikir-mikir, jangan-jangan di anak ketiga ini saya nyerah juga. Maklumlah alergi ART tapi kerjaan rumah bakal nambah berkali-kali lipat nih. Eh tapi sepertinya semesta mendukung saya kembali menggunakan clodi lebih sering ketimbang pospak.

1.       Dapat clodi lungsuran, clodi kado, dan clodi garage sale. Clodinya Malika dan Safir sudah berumur, alias sudah dipakai selama dua tahun jadi ya dipensiunkan saja. Padahal sayang juga lihatnya masih bagus alias ga sobek. Memang, daya serapnya sudah jauh menurun. Makanya awal hamil lagi ini saya rada malas memikirkan pakai clodi lagi, malas belanjanya. Tren merknya kan dah lain, ntar kudu browsing lagi mana yang lagi ‘in’ or mana yang bagus. Eh iseng-iseng belanja garage sale di teman saya, malah pilih beli clodi. Pas lahiran dapat kado clodi dari teman lain yang juga pemilik OL shop baby. Belum lagi lungsuran clodi selusin, i have more than enough. Ibarat dikasih harta karun. Stok popok buat dua tahun niy.

2.       Stres beli pospak. Saya tidak antipospak loh tapi antibeli banyak-banyak. Ketika belum lagi tiga minggu baby Meutia lahir, sudah dua renteng pospak ekonomis isi 40 yang habis. Kayanya uang belanja bulanan dari suami cepet banget habisnya (apalagi belum ada kenaikan #curcol). Leher saya langsung pegal-pegal. Teringat setahun lalu bersuka cita menghapus pospak dalam daftar belanja saya, eh ketemu lagi sama urusan popok (alhamdulillah). Belum lagi Meutia suka pup sedikit-sedikit tapi sering. Ya ampun mubazir amat. Plastik sampah jadi cepet habis, padahal lagi rajin ga belanja pakai plastik. Yah ginilah kalau kebiasaan green living, nambah sampah satu pospak aja pusing sendiri. (belagu amat yak, baru hemat plastik doang ^^’)

Akhirnya setelah satu bulan, saya mulai pakaikan clodi. Kok tunggu satu bulan? Saya nunggu si baby agak berbentuk ‘orang’ dulu, kalau baru lahir kaya masih keriput-keriput gitu, ga tega pasangnya hehehe ....

 
Emang ga cape nyucinya?
Itu pertanyaan yang biasa saya dapatkan. Ya, pakai mesin cucilah. Ogah juga gue ngucek-ngucek sendiri. Tak ada waktunya juga, saudara-saudara. Setelan mesin cucinya ga perlu pakai pengering dan programnya speedy jadi ga lama-lama di mesin cuci biar tetap terjaga kualitas clodinya. Setengah jam juga kelar. Nah, kalau pakai pospak kan lama nunggu keranjang baju bayi kotornya penuh, secara masih dipisah nyucinya dengan baju yang lain. Dan stok baju bayi kan ga banyak, kalau tunggu penuh, baru tiga hari dah kehabisan bajulah awak. Sejak pakai clodi yah lumayan deh dua hari sekali bisa nyuci dikit.

Dan sekarang hidup saya lebih tenang hahaha ... #lebay

Seberapa hemat sih?
Didukung dengan kebiasaan Meutia pup yang berubah menjadi dua hari sekali baru pup, penggunaan pospak saya menurun drastis. Sudah hampir dua bulan menggunakan clodi, saya baruuu saja membuka pospak isi 40 yang ketiga. Silahkan dihitung deh ya .... Dari yang 10 hari habis satu kantung pospak, jadi segini. 

Tapi itu baru clodi yang bertahan, yang lain-lain ...? Hmm lanjut ke pembahasan selanjutnya deh hehehe ....


6 komentar:

  1. Aku sebenernya gak tau clodi itu spt apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hEhehe mybad ga sertain foto clodinya krn lg mau dicuco hehe maaf yaaa ...

      Hapus
  2. Aku jg pakein si ken clodi mbak, dr usia 3 bln n bner2 lepas di 1.5 tahun..hemat bgd deh..gara2 itu aku jg dpet pujian dr suami..asoyyy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suamiku kok ga muji2 ya hehehehe .. tp dia pusing siy klo bentar2 beli pospak hehehe

      Hapus
  3. waktu anak-anak saya kecil belum tren itu clodi. Jadi pake popok atau celana kain aja yang biasa. Memang jadinya harus sering gonta-ganti, sih. Tapi daripada dibiasain pake pospak seharian kayaknya bakal gak kuat uangnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah bersyukur dah ada clodi pas zaman anak pertama, krn aku juga ga kuat beresin besernya hehehe ...

      Hapus