Selasa, 28 Juni 2016

RABUku: 5 Kisah Unik dalam Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW



Pada akhir Mei lalu, saya mendapat kesempatan menghadiri peluncuran buku Kisah Hebat Nabi Muhammad AW dan Kiah Ajaib Lainnya karya Astri Damayanti. Acara yang bertempat di function room toko Buku Gramedia Matraman ini berlangsung meriah dengan dipenuhi para blogger handal.  Tagar #kisahhebatmuhammad masuk ke lima besar di twitter pada hari itu. Dan yang paling menyenangkan bagi saya adalah ketika pulang, semua yang hadir mendapatkan buku Kisah Hebat Muhammad dan Kisah Ajaib Lainnya.  Yeay, serasa lagi di acara bincang Oprah ^^

Jadi begitu pulang anak-anak semangat minta diceritakan. Sungguh perbekalan yang pas di bulan ramadhan.
Bagaimana tidak, buku setebal 265 ini memuat 87 kisah-kisah islami yang semuanya diberi ilustrasi full colour yang menarik bagi anak-anak. Penceritaannya pun terasa luwes di lidah yang membacakan. Terkadang kita menemukan buku islami yang terjebak dalam bahasa hadits sehingga sulit mengalir dengan luwes saat dibaca. Lalu apa yang membedakan buku ini dari yang lainnya? Ada 5 yang unik yang saya temukan.

1. Kisah  Kenabian yang jarang Diungkap
Saat masuk ke toko buku dan hendak mencari buku-buku tentang nabi, saya seringkali merasa terjebak karena temanya itu lagi, itu lagi. Oleh karena ada banyak kisah dalam buku ini, maka ada banyak kisah-kisah yang jarang didengar. Seperti misalnya tentang Nabi Sulaiman dan semut. Jika berbicara tentang Nabi Sulaiman dan semut, pastilah semua akan teringat tentang Nabi Sulaiman yang menghentikan derap tentaranya karena ada kawanan semut hendak melintas. Well, ternyata kisah Nabi Sulaiman dan semut ini tidak berhenti sampai di situ. Ada tentang semut yang berdoa memohon diturunkannya hujan, dan ada tentang semut yang dimasukkan dalam botol bersama sebutir gandum pemberian Nabi Sulaiman.

Lalu ada lagi kisah yang menarik, yaitu Nasihat Setan pada Nabi Musa AS. Jika selama ini banyak kisah yang memunculkan setan sebagai sosok yang penuh muslihat dan sangat berdedikasi dalam mewujudkan misinya menjatuhkan anak cucu Adam sebanyak-banyaknya ke neraka, pada kisah ini si setan muncul agak berbeda. Penasaran?

2. Kisah Nabi yang di luar 25 Nabi yang Wajib Diketahui
Tentunya kita tahu bahwa ada banyak nabi yang diturunkan sebelum diakhiri oleh Rasulullah. Dan beberapa di antara mereka ada yang disebutkan dalam alQuran atau dalam hadits. Seperti misalnya Nabi Uzair as dan Nabi Danial as. Oleh karena kebanyakan buku berkutat pada ke-25 Nabi yang wajib diketahui, mendapatkan kisah dari nabi-nabi lain itu terasa seperti bonus.

3. Kisah Para Sahabat
Tidak hanya para nabi yang diangkat ceritanya dalam buku ini. Melainkan juga para sahabat dan tokoh islam terkemuka lainnya seperti Khalifah Umar dengan kisah tentang kepemimpinannya yang bersahaja dan Shalahuddin yang walau berkuasa tapi tak sungkan memberikan pengampunan pada musuh-musuhnya.  Kisah ini menjadi pemicu koreksi bagi diri sendiri karena tak bisa lagi berkilah bahwa hanya para Nabi lah yang bisa shaleh.

4. Sudut pandang dari Binatang
Berawal dari pengalamannya membacakan kisah-kisah Nabi pada para keponakannya, Mba Astri Damayanti kemudian melakukan improvisasi yaitu dengan mengubah sudut pandang agar ceritanya menjadi lebih menarik. Tentu saja, pada saat penyusunan buku ini ada seorang editor yang membantu menjaga penceritaan tersebut tetap pada jalurnya dan terlebih lagi diambil dari sumber yang shahih.

Ada beberapa kisah yang mengambil binatang sebagai bintang utamanya. Seperti misalanya paus yang ‘memakan’ Nabi Yunus. Sejatinya paus ini tidaklah memakan Nabi Yunus as melainkan menyelamatkannya. Paus ini bahkan berpuasa 40 hari demi mengamankan Nabi Yunus dalam perutnya sebelum akhirnya didaratkan di sebuah pulau.
Hal ini menunjukkan bahwa Islam memang bukan hanya agama bagi umat manusia melainkan seluruh alam semesta bahkan binatang sekalipun.

5. Kisah Tiga Halaman
Bukan, ini bukan nama judul. Melainkan setiap kisah konsisten hanya ada tiga halaman. Which is good buat saya karena memiliki tiga anak dengan kesukaan yang berbeda-beda tapi menuntut pembagian yang adil. Terkadang sebelum saya menemukan buku ini, anak-anak mengambil buku kenabian dari berbagai referensi yang jika berbeda maka berbeda pula jumlah halamannya sehingga akhirnya ada yang iri dan sebagainya. Drama deeh. Nah, dengan buku ini semuanya mendapatkan bagian yang sama. Jadi tidak banyak buku bertebaran di kasur juga hehehe ....


Buku ini menyelamatkan saya dari mati gaya setelah anak libur sekolah dan menjalani puasa sepenuhnya di rumah. Bagi anak yang belum bisa membaca, dia akan memilih berdasarkan ilustrasinya. Ada banyak ilustrasi yang melekat di kepalanya sehingga saya jadi bingung harus mencari kisah yang mana yang dimaksudkannya. Satu kekurangan buku ini adalah kisahnya tidak diklasifikasikan berdasarkan tema tertentu. Ini menurut saya yang sangat suka memanfaatkan daftar isi lebih dari sekadar daftar judul melainkan juga rangka penceritaan.

Bagaimanapun, buku ini berhasil menunaikan misinya sebagai buku yang praktis bagi orangtua yang ingin memberikan pengetahuan kenabian dalam satu buku. Praktis di kantung, praktis di rak.


Bagi orangtua yang ingin membeli tapi sudah rempong urusan buka puasa, Buku Kisah Hebat Nabi Muhammad SAW dan Kisah Ajaib Lainnya ini dapat dibeli di MatahariMall.com


2 komentar:

  1. Saya sedang menamatkan buku ini. Jadi maskin semangat setelah membaca resensinya. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo semangat ^^ kalau aq blum tamat kayanya, soalnya anak2 kalau minta baca, ngacak judulnya

      Hapus