Sabtu, 11 Januari 2014

Apakah Muslim Indonesia Paham Hukum Ini

Bukan mau jadi ibu ustadz nih, tapi lama-lama gemes saja lihat berita selebriti kita. Apalagi kalau bukan soal Ibu A TT yang dikabarkan sudah melahirkan. Baru kabar loh ya, belum konfirm orangnya. Walau saya sudah lebih condong dia hamil duluan sebelum menikah tapi marilah kita anggap praduga tidak bersalah. Hanya saja saya ingin sekali berteriak, 'eh, lo ga boleh merittt!!! Apalagi skrg malah ngebet minta cerai!!! Maksud looo!!!'

Maksud saya, pan katanya habis menaikkan haji orangtuanya, mosok si ayah umi itu tidak punya guru spiritual untuk kasih tahu itu sih. Bukan dia doang yang begitu loh. Buanyak yang begini. Yang akhirnya bilang, yang penting kita bertanggungjawab. Bah.

Berikut beberapa hal yang membuat saya ingin cabut uban di ketek:
1. MBA (Married By Accident)
Banyak kejadian, begitu anaknya hamil, buru-buru deh orangtua cari pihak laki-laki. Minta (atau lebih tepatnya nuntut) pertanggunggjawaban untuk menikahi anaknya.

Halo? Ini gelar salah alamat banget.
Yang betul itu buru-buru nikahin anaknya kalau sudah pacar-pacaran. Biar ga zina. Biar ga fitnah. Kalau sudah hamil ya, si pihak laki boleh saja loh nolak nikahin. Lha wong kuncinya dah dikasih sebelum DP kok. 

Apalagi proses akad nikah yang konon kabarnya merupakan perjanjian dengan Tuhan. Lha, kalau sudah terobos begini, apa yang mau disepakati?

Naudzubillah min zalik. Punya anak perempuan niy ...

Mungkin di agama lain ini bukan masalah, tapi jelas masalah buat Islam.

sudah diam-diam di awal. Ceritanya biar ga diomongin orang. Toh ketahuan juga begitu anaknya lahir. Habis itu keluarin pernyataan, terserah orang mau ngemeng apa. Bukan kita yang harus didengar, Itu tuh, yang sudah menciptakan dirimuh.  (Gemesssh).

2. BEBEK GANTUNG
Suatu kali saya menghadiri sebuah pernikahan saudara. Dengan adat minang yang megah dengan sentuhan Eropa untuk dekorasi selain pelaminan. Limpahan makanan dari berbagai negara.

Tiba-tiba mata saya terpaku pada satu gubuk. Ada bebek-bebek gelantungan di samping papan gantung bertuliskan Bebek Peking.
What the ... ?

Saya mendekat, mencoba melihat dari berbagai sisi si bebek gantung dengan lebih jelas. Yup, it was the real peking duck. Yang artinya, ga disembelih bo!

Emang kita boleh makannya? Dan rasanya tidak ada tamu yang konon 90% muslim itu, yang (hampir) semua ibu-ibu pakai songket dan baju kurung plus jilbab yang ga ngantri di situ. Salah satu gubuk yang paling laku, lho.

Saya sebenarnya bukan orang yang terlalu pakem harus makan di resto bersertifikat halal. Ada kawan yang menggunakan kutipan hadits mahzab lain demi memakan kepiting. Dan buat saya, memakan hewan yang disembelih itu sudah ilmu paling mendasar dalam memilah makanan yang syariah, bukan? Kaya orang kekurangan makanan saja.
Atau ga ya? Saya bingung.

Okelah orang boleh berdebat soal konsumsi wine, bikini, pernikahan lintasagama, atau tato bahkan freesex yang kini kian menjamur bercampur dengan kebutuhan gaya hidup. Tapi mosok dua hal itu ga tahu sih? Masak ga aware sih? I mean, saya tahu banyak muslim yang suka alkohol tapi ogah disuruh makan babi. Lha, sama saja bukan? Apaan sih isi pelajaran agama dalam hidupnya? Ga jelas banget jadi orang. Atau ada yang freesex tapi kalau nikah harus yang seagama. Lha? Masih penting buat lo? (maaf, emosi).

Keluar dari rumah, saya merasa orangtua saya terlalu kolot dalam pandangan agamanya. Padahal mereka dua puluh lima tahun tinggal di Eropa. Tapi melihat yang beginian, rasanya gatal kepala pengen nyeletuk, 'Lo diajarin apa sih sama orangtua lo?'

Tapi yah itu ironi. Saya ingat ketika menjadi siswi SD Muhammadyah, dan bermain ke rumah teman. Saya terkejut melihat botol-botol bir * dijadikan tempat air es. Sambil melirik teman sekelas saya itu, saya ga jadi minta minum. Glek. Gue masih SD waktu itu saudara-saudara.

Ah sudahlah. Saya juga bukan orang suci. Tapi saya tahu persis kebanyakan dosa saya. Sengaja. (Bela Diri) Menyimpang demi kukuh di jalan yang benar (walau masih belum lurus). Tapi justru itu, saya yang merasa tahu dan sadar saat berbuat dosa saja, pusing lihat yang ditulis di atas.

Betapa mudahnya berbuat dosa di dunia ini. So help me God ....

2 komentar:

  1. saya suka lho sama tulisan mak Melati, berani ^^
    memang sulit bukan main ya mak utk bs menjalani agama islam secara menyeluruh.. kebanyakan ya menjalani setengah2, menjalani yg ini melanggar yg itu..begitu pun sebaliknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduuuh mak, saya sebenarnya takut dgn 'keberanian' saya. Ini aja sudah direm. Hehehe soal tulisan yg di atas kadang bingung saja dgn isu agama sederhana tp ga tuntas jalaninnya. Mucngkin cuma perasaanku sajah ...

      Hapus