Selasa, 28 Januari 2014

Resep: Ayam Goreng Tepung Saus Tiram

Ide ini berawal dari salah satu episode Masterchef US musim ke-4. Saat itu tantangan elimimasi dan mengharuskan membuat tiga hidangan ayam; ayam goreng ala selatan, ayam goreng mentega, dan hmmm satu lagi lupa, pokoknya ala Italia lah.
Pada salah satu diskusi juri saat kontestan tengah memasak, Joe ditanya apa yang akan dia gunakan untuk membuat ayam goreng selatan yang enak. Dia bilang Italian seasoning, mungkin karena dia orang Italia kali ya. Namun yang menarik bagi saya adalah melihat  italian seasoning itu serupa saus. Saya jadi mikir-mikir oh ternyata bisa ya masukin bahan kental ke adonan ayam goreng.
Maklum tahunya pakai tepung instan, tapi lama-lama bosan dengan rasa penguat rasanya. Berasa lagi nunggu kanker, hehehe ...
Jadi di saat sedang krisis ide mau masak apa buat anak-anak dan memang belum pernah sreg dengan racikan tepung sendiri, saya teringat lagi adegan ini.
Saya pun buka lemari bumbu saya dan hanya bisa menemui saus tiram sebagai bahan terdekat dengan italian seasoning. Yah saya anggap ini penemuan paling orisinil karena tidak menggunakan bantuan google. Kalau sudah ada yang lebih dulu, maaf deeeh ^.^
Berikut rinciannya.

bahan-bahan:
4 potong ayam
120 gram tepung
1 sdm garam
1 sdt ketumbar bubuk
4 siung bawang putih, parut
1 jeruk nipis
3 sdm saus tiram

Langkah-langkah
1. Cuci ayam dengan jeruk nipis, lalu lumuri dengan bawang putih dan saus tiram. Ratakan sambil agak ditekan-tekan lalu biarkan selama lima belas menit. (ada yang bilang dimasukkan ke kulkas dalam wadah tertutup bisa membuat bumbu lebih terserap)
2. Campur semua bahan kering: tepung, garam, dan ketumbar.
3. Masukkan potongan ayam satu persatu ke tempat adonan tepung. Dibalik-balik sampai merata.
4. kembalikan ayam ke wadah ayam untuk kembali melumuri diri dengan bawang putih dan saus tiram yang tertinggal di wadah.
5. Masukkan lagi ayam ke adonan tepung utk lapis kedua.
6. Goreng dengan minyak banyak. (saya biasa menutup wajan untuk hasil lebih matang dan empuk).
7. Sajikan.

Oh iya, adonan ini juga bisa dipakai untuk tempe goreng loh. Tapi jumlah bawang putih dan garamnya dikurangi untuk satu papan tempe.

 Jika hendak menggunakan adonan ini sekaligus untuk ayam dan tempe, gunakan untuk tempe terlebih dahulu.

Jika ada sisa adonan tepung ayam, buang. Jangan disimpan.
Hope you like it too =)

2 komentar:

  1. Wah.. good idea mak! Bisa jadi resep orisinil, nih. itu tepungnya apa? penasaran jawabannya. anak2 suka sama tepung yg siap pake, tapi ya itu, emaknya ga doyan karena kelewatan bau harum dan vetsinnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe lupaa deh tepungnya. Tepung terigu, mak =) yg serba guna.

      Hapus