Senin, 17 Februari 2014

Celemek Hadiah Itu ....

Kayanya sudah menjadi tren di ibukota atau kota besar bahwa yang keren itu adalah wanita bekerja. Kebalik dari zaman saya dulu. Ketika saya SD, teman-teman yang ibunya bekerja malah bisa dihitung dengan jari. Rasanya aib banget disebut 'anak mbak'.

Nah karena tren ibu bekerja itulah, ketika si ibu ini memutuskan untuk berhenti apalagi masih belum menjabat apa-apa, ada saja yang mandang kasihan. Seolah sedang lengser sebelum waktunya. Dan ketika si ibu bekerja ini 'lengser' dan mencoba bisnis di rumah, pun sulit mengangkat kembali derajatnya. Terutama di keluarganya sendiri.

Ah, guenya aja kali yang lebay =P

Ceritanya mau bicara soal awal tahun kemarin. Awalnya serius menyandang titel tambahan selain sebagai editor atau penerjemah lepas juga seorang pengukus kue di bawah bendera www.koekieku.com  (maklum, belum punya oven).

Orangtua sih lihatnya yaaaah usaha kecil-kecilan ... Kayanya sampai sekarang pun mama ga mau pesan gratisan, buat arisan kek, pengajian kek ... Dalihnya sih, "Kasihan kamu, repot." Lha, saya emang minta direpotkan kok. Justru sebagai pemula, butuh banget eksis di mana-mana. Nah, karena waktu itu saya juga ga gaul, jadi ceritanya mau ngarep dari mama, mumpung masih serumah. Ah, rupanya mama lebih pilih pesan di tetangga. "Kasihan, orang ga mampu."

Yah sudaah, mungkin saja kualitasku belum masuk fit n proper test. Kataku sendiri. Pundung.

Dan kalimat ga mau ngerepotin itu juga diucapkan kakak saya. Dalam hati, muka gue keliatan melas banget apa, ya? Padahal senang hati saya tanyain anaknya ultah mau dibikinin kue tema apa? Atau mau kasih goodiebag ga? Kaga minta dibayarin loh, suerrr! Cuma butuh kerumunan.

Ah, tapi mungkin selama ini kue gue ga cucok sama lidah mereka ...

Emang sih, saya sering underpressure kalau buat keluarga sendiri. Biasa, ambisi terlalu heboh. Addaaa aja yang lupa. Ganache keenceran. Kue kemanisan (buat lidah sumatra yg berbumbu itu). Gosong lah. Bikin serbet baru mama terbakar lah. Dan yang terakhir yang rada bodoh adalah gagal total. Gara-gara sotoy mau buat kue beras pelangi ala korea tapi kekeuh ga pakai tepung beras korea yang lebih basah. Kirain sunnah, ternyata wajib. Padahal niatnya baik loh, kue beras adalah kue yang lazim digunakan untuk perayaan serupa pernikahan dan kelahiran karena dipercaya mengandung keberuntungan (karena saat bikinnya, si pembuat sambil berdoa untuk keselamatan dan kesejahteraan). Dan juga untuk mengakomodasi permintaan kakak saya yang katanya mau kue yang tidak pakai krim, tidak ada topping, maunya rasa bluberi. Jadi, saya rada sebel juga ketika kakak saya bilang kenapa juga saya ga bikin kue biasa trus kasih selai bluberi. Well, emang sih sayanya yang mikirnya kejauhan, tapi maksudnya kan biar istimewaaaah. Again, yah sudahlah.

Namun kemudian saya senang lagi ketika abang saya yang di Inggris minta dibuatin kue ultah. Dia cuma mau dikirim gambarnya saja. Pusiiing cari idenya. Maklum saya bingung mencari gambaran yang tepat untuk komikus pecinta musik rock dan doyan di depan kompi tapi lama jadi bapak rumah tangga utk putri semata wayangnya (nah loh, panjang bener nih kalimat). Eh kemudian dapat kue yang simpel. Kue jampang mengadaptasi komik seri miliknya "Si Eneng dan Bang Jampang" yang beredar di FB. Syukur alhamdulillah si abang seneng (bang, seneng ga? Oooy ..) mungkin karena ga nyobain juga kali hehehe ...

Ga usah jauh-jauh di luar rumah deh. Suami sendiri aja begitu. Ga ada ramah-ramahnya lihat tumpukan loyang, plastik-plastik isi bahan kue, segala botol, wadah, dll. Iyalah ... Siapa juga yang seneng lihatnya. Apalagi kalau masih sibuk dekor tapi anak sudah bangun. Beuuh ... Apalagi kalau telat. Apalagi kalau diminta foto pakai kamera saku. Dan banyak apalagi lainnya ...

Tapi kemudian saya mulai jual-jual barang urusan kue yang ternyata emang kebanyakan. Mulai atur manajemen perkuean dan selalu selesai sebelum subuh. Dan kemudian suami beli kamera baru. Nah ... Baru deh dia rada seneng dapat obyekan. Tapi dengan catatan, kelar sebelum anak-anak bangun dan kopi juga sudah siap.

 Lalu kemudian, Desember lalu dia minta deh dibuatin kue ultah untuk dibawa ke kantornya. Jiaaah ... Tumben amat. Biasanya ogah banget bawa kue hasil uji resep ke kantor. Ribetlah. Inilah. Itulah. Dan masoh ada lagi, ketika dia sempat ke Bali untuk urusan kerjaan, dibawakanlah istri oleh-oleh. Padahal sudah saya bilangin ga usah. Oleh-olehnya ternyata ... Celemek. Dibuat dari bahan organik. Gue banget ga seeeh. Eco green themenya sih memang masuk, tapi yang mengejutkan adalah pilihan objeknya. "Buat Amy hias kue," katanya. Kalau diulang-ulang kata-kata itu di kepala kenapa mata saya jadi berkaca-kaca dan pipi saya menghangat, ya? =P ssst jangan bilang-bilang Suami yak.

Sebenarnya minggu ini mama memberanikan hati meminta saya menyediakan puding cup untuk arisan dengam teman-teman Belanda, Sabtu nanti. Saya tahu, untuk urusan teman Belanda ini mama rada ga pede. Maklumlah, banyak dari anak buahnya saat menjabat perawat di Belanda ini lebih sejahtera perekonomiannya. Jadi mungkin rada high risk baginya minta ke saya, hehehe, suka bikin yang aneh-aneh soalnya.

Dan emang iya, saya dari minggu lalu sibuk cari resep yang bisa aman buat tante-tante yang sudah jadi oma-oma itu. Begitu dah mantap di pilihan dan belum diuji coba (kebiasaan), eh pesanan batal. Alasannya sudah banyak sumbangan ponclot nya. :-(

Tapi saya tidak mau mundur lagi. Ga boleh ada orang yang keluar dari rumah ibu saya tanpa produk koekieku. So, saya berencana memberikan suvenir cupcake ke mereka. Pssst ... Jangan bilang-bilang lagi ya. Sekarang lagi mau survey cupcake tema Belanda dan perawat neeeh. Doakan saya semoga berhasil =D.

2 komentar: