Jumat, 21 Februari 2014

Nonton Konser di MEIS? Hadooooh ...

Bruno Mars mau datang Maret ini? Yes! Terus, Juni nanti Taylor Swift datang ke Indonesia? Yuhuuu, yess!! Di mana, di mana? Di MEIS!!! ck, damn ... :-/

Bagi sebagian besar orang, nonton konser adalah hal menyenangkan yang kudu dilakukan sebelum menikah. Nah, saya terbalik. Menikah, biar gampang kalau mau nonton konser. Maklum, mantan pacar dulu reporter kolom lifestyle.
namun, dunia berputar. Si mantan pacar tidak lagi reporter lifestyle. Dan kini jika si istri hendak pergi, pertanyaan pertama adalah 'anak-anak bagaimana?' -_-

Guess, tidak semua bisa dipaksakan kehendaknya. Dua tahun lalu, saking ngebetnya nonton konser untuk pertama kali, demi boyband Korea, BIGBANG, saya kasih full service buat suami sebagai penjaga dua bocah. Hasilnya? Gue bangkruut ... Itu karena konsernya di MEIS, Ancol.

MEIS atau Mata Elang International Stadium adalah versi indoor-nya pantai festival. Itu loh tempat dugem-dugem di pantai kalau ada DJ luar negeri konser. Tempat ini entah kenapa paling mulus di acc para artis luar negeri buat konser di sana. Padahal dari lokasi, ga ramah ibu-ibu banget! Ini alasannya:

1. Jauh
Ya, jauh banget. Ga hanya jauh dari pusat tapi juga jauh dari jalan raya. Jadi kalaupun mau menggunakan angkutan umum selain taksi bisa dibilang 'masuk bisa keluar sulit'. Taksi yang nongkrong pun mencurigakan semua. Ada kek pool resmi, blue bird kek, gamya kek, taxiku kek ... Kan kasihan para alay-alay yang nonton konser kudu jadi cabe-cabean dulu biar bisa pulang.

Ada sih yang nekat jalan kaki keluar Ancol, ya macet juga di dalam. Tapi di luar itu juga horor. Ancol dikelilingi jalur flyover dengan kali-kali dengan air hitam membentang di kiri-kanan jalan. Dan ... Minim pencahayaan. Ada siy tempat yang ramai lampu di dekat situ ... Night club .. Beuuh ...

Nah, kudu nunggu sampai pagi?

2. Berat di Ongkos
Oleh karena bawa keluarga, saya jadi banyak pengeluaran lain-lain. Ya penginapan (konon kalau ada yang konser di Ancol, hotel di sepanjang jalan Gunung Sahari pada penuh), sewa mobil (biar saya bisa pulang dengan selamat pascakonser), dan biaya lain-lain yang jumlahnya bisa sama dengan harga tiket yang sudah dibeli lewat calo. Malah lebih. Duh, benar-benar deh pengalaman pertama saya =).
Seharusnya pihak Ancol menyediakan angkutan internal yang tetap beroperasi hingga tengah malam. Biar sama-sama enak gitu.

3. Rugi Beli Seat di Balkon
Saya agak terkejut ketika mengetahui bahwa yang namanya seat di balkon itu benar-benar bagian balkon yang posisi duduknya tidak seperti stadium alias tidak miring. Jadilah para penonton meninggalkan kursi mereka dan merapat di pagar balkon. Untung gue ga beli di situ. Festival is the best lah.

4. Sistem Pintu Masuk dan Keluar yang Aneh
Waktu itu saya datang terlambat. Sudah jantung mau copot karena takut kebagian tempat yang ga bakal kelihatan TOP BIGBANGnya, saya jadi keder sama pintu masuknya. Mobil berhenti di lobi, tapi yang nonton kudu ambil pintu dari samping. Jadilah saya yang sudah lama sekali tidak olahraga, berlari masuk keluar cari pintu masuk. Dan MEIS itu settingannya mal. Mungkin ketika belum masuk, sengaja dibuat panjang rutenya biar muat.

Dan ketika konser usai, kita semua keluar dari berbagai pintu tapi begitu turun hanya bisa menggunakan satu akses. Ada satu sisi dengan dua eskalator dan tangga yang lebar di tengahnya. Anehnya, si tangga ditutup. Jadilah kita mengantri eskalator yang sempit dan ga dinyalain pulak. Sengaja dilamain kali ya, biar artisnya bisa aman tentram keluar venue =P
Bagi ibu-ibu kaya saya sudah sibuk lihat jam. Waktu itu, anak yang kecil belum 6 bulan jadi masih bangun tiap 2-3 jam.  Jadi, walau konsernya tepat waktu mulai dan selesainya, drama ngantri ini yang bikin malam terasa lammmaaaa ....

Ini sudah alhamdulillah, masih di Jakarta. Lha Justin Bieber? Sentul boook!

Nah yang kaya begini rasanya ingin coba nonton konser BIGBANG di luar negeri. Yang ga ada calo, akses transportasi umum oke (biar jauh dr pusat tapi transportasi oke mah ga masalah), pasti harganya ga beda jauh deeeh ...
Dan ketika saya lihat dua artis muda ini sudah konfirmasi mau datang dan manggung di MEIS, saya hanya bisa tarik pipi ... Siapa yang mau bayarin dan anterin gue, yak =D

*ikutan lomba blog aja dulu kali aaah ...

11 komentar:

  1. hello mbak, kenalkan yaaa aku juga penikmat musik Bigbang hehehe.
    Aku harus mengiyakan isi post mbak yang ini karena bener banget! Hahaha apalagi buat yang dari luar kota macam aku begini, susah banget akses ke/dari MEIS.
    Juni ini aku mau ke MEIS mbak, tapi dalam rangka nonton konser 2NE1 sih (insya Alloh kalo jadi heheh). Waktu Alive kemarin aku beli festival mbak, tapi jadinya malah kapok karena desek-desekan banget. Kalo yang balkon itu maksud mbak tribun, ya? Emang duduknya nggak menanjak kayak di stadion bola gitu? Lurus kayak kondangan gitu aja mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik nonton 2Ne1 ... aku masih berharap YG world tour nih, sebelum si TOP wamil hehehe.... iya, beneran bentuknya kaya balkon rumah deh si tribun itu. lurus ajah. aneh banget, emangnya nonton opera :) aku dulu malah pengen yang desek2 itu, dateng belakangan jadi kebagian di belakang aja, lega sih, deket juga sih, tapi jadi suka kealingan tangan2 kalau mau moto hehehe

      Hapus
  2. Hi mbak, mau tanya nih. Ada rekomen hotel deket MEIS yg harganya terjangkau ga? Juni ntar mau nonton Taylor, tapi masih bingung soal penginapan. Thanks in advance :)

    BalasHapus
  3. Hai mellysa, hmm yg deket sih tentu saja hotel yg di dalam ancol sendiri, tp biasanyaaaa ... Cepet penuh dan mihil. Aku dulu di aston, secara lokasi memang kutub utara dan selatan tp di samping aston itu ad pintu masuk ancol samping. Mungkin kaya lingkar luar krn lewat tepi kanal yg sejajar sama perumahan mewah. Cuma kalo ga pake kendaraan lewat situ bahaya, gelap, sepi karena di sisi ancolnya cuma hutan. Tp memang lebih dekat ketimbang lewat pintu utama. Again, tapi, ktika antri mobil itu kita suka dialihkan, jd masuk dan keluar bisa jd dr pintu yg berbeda. Oia Harganya 700rb. Dua kamar. Dan krn itu apartemen, bisa muat 20 orang kali. (tp yah mungkin ga dapet semua kupon makannya). mudah2an infonya cukup. Enjoy the concert yaa...

    BalasHapus
  4. Hai mbak, thx buat tips nya! Sangat membantu :)
    Aku mau nanya nih, aku bakal nonton Taylor..tp bingung, kira" kalo dateng jam 3an (sebelumnya hrs tuker tiket di luar Ancol -_-) bakal kebagian antrinya paling belakang ga yah? Oiah, aku seat nya di yg bronze, bronze itu = balkon? :O (Padahal tadinya udah beli yg standing tp krn promoter ga bener jd batal :/)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kamu kena yg kasus sevel ya. Jam 3an siy dah tmasuk cepat krn venue kan bukanya jam 5 atau 6. Kalau bronze kayanya standing di balkon depan paling atas deh kayanya cmiiw ya. Soalnya lain2 namanya hehehe. Yg judu ngantri sebenarnya yg festival bawah, kalau di balkon yah pada akhirnya smw bisa merapat di dinding balkon-krn alasan yg kusebut di ataz. Anyway have fun with the concert =)

      Hapus
  5. Betul betul betul. Meis gak cocok dan gak siap untuk menerima pengunjung secara berbarengan dengan jumlah besar. Alasannya :
    1. Akses keluar masuk Meis sulit. Hanya ada 2 escalator dan 2 lift
    2. Toilet di tiap lantai hanya 2, menimbulkan antrean panjang bagi kaum hawa, sebenarnya ada sih deket pantai tapi mesti keluar mall dulu.
    3. Sehabis konser, mau keluar dari lantai 3 ke lantai 2 (biar bisa turun lewat tangga) hanya ada 1 escalator nah. Tangga gak ada
    4. Parkiran kacau balau gak karuan jalan keluarnya akibatnya macet 2 jam cuma untuk keluar dari laparangan rumput itu.
    5. AC gak dingin, kursi jelek, lantai agak goyang2 ngeri kalau rubuh, apalagi pas ABG jingkrak jingkrak
    So, bagi para promotor mending cari tempat laen aja lah kalau bikin konser apalagi kelas dunia.
    Tq

    BalasHapus
  6. Hi, aku dari luar negara. Bakal datang ke meis minggu ini. Tapinya aku sendiri. Mau tanya kalau pulangnya senang atau tidak dapat taksi? Kena keluar dulu dari ancol baru cari taksi atau dari dalam meis terus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh taksi di sana ga jaminan deh. Taksi recomended macam bluebird atau express atau putra biasanya tidak di dalam. Taksi yg di dalam itu black taxi yang tarifnya ditentukan sebelum masuk. Mending cari di luar, tapiiiii ... Jarak dr meis ke pintu keluar yg banyak taksi parkir itu jauuuuuh ...

      Hapus
    2. Hi, aku berjaya pergi ke meis. YA jauh banget dari entrance. Malah waktu ku pergi bersamaan hari ulang tahun jakarta. Macet banget. Masuk ancol pak taksi udah bising bising. Pasca concert ku berjaya keluar naik Ojek. Nasib baik selamat. Btw, its fun.
      Konklusi meis mmg ngga sesuai untuk konsert. Nasib baik udah ditutup. Walaupun ku bukan org jakarta

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus