Senin, 10 Februari 2014

Harus Tidak Harus Punya di Rusunami

Jakarta kini menjamur apartemen murah sesuai dengan program pemerintah, 1000 tower. Tentu saja dari segi harga yang 'miring' itu ada beberapa hal yang dipangkas dari fasilitas apartemen yang sudah ada sebelumnya. Satu hal yang paling mencolok adalah, ruang. Luas apartemen murah ini memang nyaris sama dengan rusun-rusun buatan pemerintah puluhan tahun yang lalu. Nah, oleh karena terbatasnya ruang yang amat sangat, ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum berpikir untuk membeli perabotan di rusunami Anda.

A. AC
Untuk unit dengan dua kamar, satu ac itu cukup. Kita tinggal di daerah tropis jadi cukuplah menggunakan satu AC demi kelancaran peredaran udara. Didampingi dengan exhaus juga boleh untuk kamar anak, ruangan jadi lebih cepat dingin sehingga tidak memicu AC untuk bekerja terlalu keras. Bijaklah menggunakan AC.

B. Tempat tidur
Biasanya pola ruang kamar tidur utama tidak cocok dengan standar kasur. Oleh sebab itu, tidak pakai tempat tidur, tidak dosa kok. Apalagi jika memiliki balita.

C. Kulkas
Pilih yang satu kulkas saja. Kulkas dengan 2 pintu sejatinya untuk keperluan penghuni rumah lebih dari 4 orang dewasa. Terlebih aliran listrik kulkas sudah cukup tinggi, dengan TDL yang jelas di atas perumahan biasa, sudah sepantasnya kita berhemat.

D. Kitchen set
Jika Anda mengedepankan home made cooking, maka kitchen set wajib bagi Anda. Jika Anda tidak memiliki anak-anak kecil, cukup pilih kitchen set bawah (tanpa kitchen set atas). Anda tidak akan menerima begitu banyak tamu di unit Anda hingga Anda harus mengoleksi perlengkapan makan dan minum.

E. Mesin cuci
Tidak harus punya. Jika Anda tidak keberatan dengan penggunaan plastik yang dilakukan laundry, maka gunakanlah jasa laundry karena hitung-hitungannya tidak berbeda.
Untuk pakaian bayi disarankan mencuci sendiri karena penggunaan mesin cuci dapat membuat baju bayi cepat aus. Tanpa mesin cuci, balkon pun bisa lebih lega untuk menyimpan alat-alat kebersihan, jemuran, dll.

F. Gorden
Ini salah satu yang wajib dimiliki sebelum Anda menempati unit rusunami Anda. Tanpa gorden Anda berisiko memberikan tontonan gratis bagi para tetangga yang tinggal di seberang balkon Anda.

G. Lemari pakaian
Untuk pasangan, lemari built in disarankan di setiap kamar utama. Sedangkan kamar anak-anak bisa menggunakan lemari-lemari dari plastik dengan corak menarik.

H. Pewangi ruangan
Dengan terbatasnya ruang terbuka, maka disarankan menggunakan pewangi ruangan untuk menghindari bau yang mengendap yang akan tercium bagi siapa pun yang bertamu ke rumah Anda.

I. Sofa
Tidak harus. Terlebih jika Anda memiliki anak karena akan dijadikan sarana panjatan. Sebagai gantinya, gunakan karpet 1,5x2 meter juga cukup.

J. Rak sepatu tanam
Kebijakan pengelola rusunami tidak memperbolehkan meletakkan sepatu, keset, dan rak sepatu di area lorong. Oleh sebab itu, buatlah rak sepatu tanam, agar bau jempol para tamu tidak mengendap lama.

K. Televisi
Flat tv dong. Hari gini pakai tv tabung. =)

Nah, itulah sedikit hal tentang tinggal di rusunami, selamat menikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar