Rabu, 28 Januari 2015

RABUku: Beraktivitas Bersama Sahabat Rasulullah SAW


Biasanya buku aktvitas bertema agama dikemas dalam bentuk majalah. Hal yang memiliki kerugian terutama dalam segi daya tahan. Majalah-majalah aktivitas anak biasanya akan cepat bredel hanya dalam hitungan jam. Apalagi jika bicara batita dan balita.

Awalnya saya membeli Teka-teki Sahabat Rasulullah karena mengira isinya akan bercerita tentang tebak-tebakan yang dilakukan oleh para sahabat. Mungkin sejenis cerita Abu Nawas. Ternyata, ini adalah buku aktivitas yang tidak melibatkan aksi mewarnai, menggunting, dan menempel. Misalnya, mencari kantung uang yang digunakan Abu Bakar untuk menebus Bilal bin Rabah atau mencari orang yang bersembunyi di pasar karena takut dengan Umar bin Khattab, dll. Jadi tidak melibatkan pena atau pensil pun tidak masalah. Buku tetap bersih dan penjilidannya cukup kuat karena menggunakan kertas glossy per halamannya.  Ceritanya sendiri menurut saya cukup easy reading mengingat orang yang saya bacakan masih balita. Easy reading-nya karena tidak berkutat dengan tahun dan nama walau terkait dengan sejarah. Selain itu, kontennya aman anak-anak, jadi walaupun mengeluarkan serial tentang Bilal, tidak ada tuh pose legendaris alias yang ditiban dengan batu besar. Cocoklah untuk pengenalan awal pada anak-anak. Tentu saja saya beli dua, karena bocahnya ada dua hehehe.





  1. Teka-teki Umar bin Khattab
    Penulis: Nelfi Syafrina
    Hlm: 24
    Penerbit: Tiga Ananda
    Harga: Rp25000,-
    Umar bin Khattab adalah khalifah kedua setelah Rasulullah wafat. Dia sangat tegas dan berani. Dia memimpin umat Islam dengan adil. Bahkan, dia tak segan menghukum bawahannya jika ketahuan menzalimi rakyatnya.
  2. Teka-tekai Bilal bin Rabah
    Penulis: Nelfi Syafrina
    Hlm: 24
    Penerbit: Tiga Ananda
    Harga: Rp25000,-
    Bilal bin Rabah adalah salah satu sahabat yang disayangi Rasulullah SAW. Rasulullah memberikan kehormatan kepada Bilal untuk menjadi muadzin pertama dalam sejarah Islam. Tidak mudah bagi Bilal untuk beribadah kepada Allah karena dia seorang budak dari majika kejam bernama Umayah.
    Judul-judul Serial Teka Teki lainnya:
    Abu Dzar al-Ghifary
    Abdurrahman bin Auf
    Saad bin Abi Waqqash
    Shalahuddin al-Ayubi

/Catatan: foto diambil dari www.gramediaonline.com dan www.smartmomways.com
#Indonesiamoslemreadingchallenge

@tokomuslimkoe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar